720x90

Perbedaan dan Contoh Paragraf Deduktif dan Induktif

Advertisement

Memahami paragraf dalam suatu karangan merupakan hal yang penting agar pembaca dapat memahami isi bacaan dengan cepat. Dengan melakukan kegiatan membaca secara intensif, bisa ditemukan perbedaan paragraf deduktif dan induktif.

Sebuah paragraf pada dasarnya tersusun dari dua materi, yakni materi yang memiliki cakupan secara umum dan lainnya yaitu cakupan khusus. Dengan begitu, muncul 2 pola pengembangan paragraf, yakni pola umum - khusus (deduktif) dan khusus - umum (induktif).

Berdasarkan letak kalimat utamanya, maka perbedaan antara paragraf deduktif dan induktif bisa diketahui.

a. Paragraf Deduktif
Paragraf deduktif merupakan paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf. Jadi, paragraf ini dikembangkan dari materi yang cakupannya umum, kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat yang memiliki cakupan khusus.

Contoh Paragagraf Deduktif
Pada masa kini banyak rumah sakit dibangun, baik rumah sakit negeri maupun swasta. Maraknya pembangunan rumah sakit tersebut diperkirakan lantaran adanya izin pembangunan rumah sakit yang relatif mudah. Rumah sakit negeri yang ada di daerah tertinggal memiliki jumlah yang jauh lebih banyak daripada swasta. Hal ini masuk akal karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti faktor sosial, finansial, asal-muasal adanya dokter, dan faktor lainnya.

Kalimat utama pada paragraf tersebut terletak di awal paragraf sehingga paragraf tersebut bisa digolongkan ke dalam paragraf deduktif.

b. Paragraf Induktif
Paragraf induktif merupakan paragraf yang diawali dengan kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri kalimat utama. Jadi, ide pokok berada pada akhir paragraf.

Contoh Paragraf Induktif
Pemerintah mendirikan rumah sakit di berbagai tempat, baik di perkotaan maupun di perdesaan. Dana yang dibutuhkan tentu tidak sedikit. Dalam bidang pendidikan, pemerintah mengusahakan kualitas sehingga kurikulum mengalami perubahan hingga menetapkan program KTSP. Dalam bidang ekonomi, Indonesia tampak jauh tertinggal karena dengan angka-angka yang ada Indonesia masih memiliki hutang luar negeri yang jumlahnya tidak sedikit. Bidang-bidang lainnya juga masih butuh penanganan yang serius. Memang tugas pemerintah Indonesia sangat berat.

Kalimat utama para paragraf tersebut berada di akhir paragraf sehingga dapat digolongkan sebagai paragraf induktif.

Referensi: BSE Bahasa dan Sastra Indonesia 2 Untuk Sekolah Menengah Atas, oleh Demas Marsudi, Endang Padmini, & Suwarni
Untuk SMA dan MA Kelas XI Program Studi IPA-IPS

Lihat: Hasil Hitung Cepat Pemilu 2014

Advertisement

Artikel Terkait Bahasa Indonesia

Label : Bahasa Indonesia Judul : Perbedaan dan Contoh Paragraf Deduktif dan Induktif URL : http://www.limaratus.com/2013/08/perbedaan-dan-contoh-paragraf-deduktif.html
Diposting oleh: Admin -