720x90

Jenis-jenis Gelombang dalam Fisika

Gelombang akan timbul jika ada sumber berupa getaran dan da yang merambatkannya. Pada gelombang, ada perambatan energi getaran.

Jenis-jenis Gelombang
Ada berbagai gelombang yang terjadi di alam ini. Misalnya, gelombang air, gelombang radio, cahaya, bunyi, dan gelombang tali. Gelombang-gelombang yang ada di alam ini bisa dibedakan menjadi beberapa macam sesuai dengan sifat kemiripannya.

a. Berdasarkan ampiltudonya
Berdasarkan amplitudonya, terdapat 2 macam gelombang. Ada gelombang berjalan yang amplitudonya tetap, dan ada gelombang stasioner yang gelombang amplitudonya berubah sesuai dengan posisinya.

b. Berdasarkan mediumnya
Berdasarkan mediumnya, terdapat 2 jenis gelombang, yaitu gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang yang tidak memerlukan media dalam perambatannya. Misalnya sinar-X, gelombang radio, dan gelombang cahaya. Sedangkan gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan media dalam perambatannya. Misalnya gelombang bunyi dan tali.

c. Berdasarkan arah rambat dan arah getarannya
Berdasarkan arah perambatan dan perambatannya, gelombang dibagi menjadi 2 macam, yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah perambatannya tegak lurus dengan arah getarannya. Misalnya gelombang cahaya, tali, dan gelombang air. Sedangkan gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah perambatan dan getarannya sejajar. Misalnya gelombang bunyi dan gelombang pegas.

referensi: BSE FISIKA Untuk SMA dan MA Kelas XII. Oleh Sri Handayani & Ari Damari

Lihat: Hasil Hitung Cepat Pemilu 2014

Artikel Terkait Fisika

Label : Fisika Judul : Jenis-jenis Gelombang dalam Fisika URL : http://www.limaratus.com/2013/08/jenis-jenis-gelombang-dalam-fisika.html
Diposting oleh: Admin -