Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup - Materi IPA SMP Kelas 8

Pertumbuhan merupakan proses bertambahnya ukuran, baik bobot, volume, maupun jumlah sel yang bersifat tidak dapat balik (irreversible). Sedangkan perkembangan merupakan diferensiasi sel menuju ke keadaan yang lebih dewasa.

Pertumbuhan dan perkembangan mempunyai makna yang sangat penting pada makhluk hidup. Contohnya pada manusia, daengan  mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan, manusia dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan melestarikan keturunannya. Saat masih  kecil, daya tahan tubuh manusia masih lemah sehingga mudah terkena serangan penyakit. Namun, setelah mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan menjadi dewasa, daya tahan tubuhnya bertambah kuat untuk kelangsungan hidupnya.

Pertumbuhan dan perkembangan mengarahkan manusia menuju ke kedewasaan. Pada fase tersebut, manusia dapat memproduksi keturunan sehingga populasi manusia terjaga. Begitu juga dengan hewan dan tumbuhan yang juga mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan terdapat perbedaan antara satu spesies dengan spesies lainnya. Namun, pada dasarnya terdapat persamaan pada tahap perkembangannya. Pada tumbuhan, perkembangan menghasilkan berbagai macam jaringan dan organ tumbuhan.

referensi: BSE alam sekitar IPA TERPADU untuk SMP/MTS kelas VIII, Diana Puspita & Iip Rohima
Title : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup - Materi IPA SMP Kelas 8
Description : Pertumbuhan merupakan proses bertambahnya ukuran, baik bobot, volume, maupun jumlah sel yang bersifat tidak dapat balik ( irreversible ). S...
Diberdayakan oleh Blogger.