720x90

Sistem untuk Mengakses Internet

Advertisement

Internet secara umum adalah jaringan komputer yang ada di seluruh dunia. Bagaimana sistem yang digunakan untuk mengakses internet?

1. Jaringan komputer
Pada umumnya semua jenis komputer bisa digunakan untuk mengakses. Jutaan komputer atau bahkan lebih sudah terhubung dengan internet. KKomputer yang dipakai untuk melakukan akses internet artinya komputer tersebut telah dihubungkan oleh suatu jaringan ke jaringan lainnya yang cakupannya lebih besar dalam skala global.

Dalam suatu jaringan, komputer bisa menggunakan fasilitas secara bersama-sama, baik hardware seperti modem dan printer, ataupun software seperti sistem operasi. Komputer, perangkat keras yang ada di dalam suatu jaringan dinamakan node. Saluran transmisi yang berfungsi untuk menghubungkan sejumlah node dinamakan link. Pada suatu jaringan yang kecil pada suatu kampus atau gedung biasanya yang dipakai adalah saluran transmisi yang berupa kabel. Untuk jaringan dengan jangkauan jarak jauh dan sangat luas biasanya memakai saluran transmisi tanpa kabel, seperti satelit, sinar laser, atau dan gelombang radio.

Pengertian jaringan komputer secara umum yaitu sekumpulan komputer atau beberapa hardware (perangkat keras) yang terhubung di dalam suatu kesatuan. Para pengguna komputer yang memakai jaringan bisa saling berkirim informasi dan data. Di samping itu, bisa juga memakai fasilitas seperti printer secara bersama-sama. Contohnya, di suatu rental komputer satu printer saja bisa digunakan untuk melayani sejumlah komputer. Dengan begitu, tak perlu menyesuaikan jumlah printer dengan jumlah komputer yang ada.

2. Protokol jaringan
Protokol merupakan kumpulan aturan yang mampu mendefinisikan sejumlah fungsi, semisal membuat hubungan, mengirim informasi, data. dan pesan, serta memecahkan berbagai masalah khusus agar komunikasi bisa berjalan dengan lancar. Jaringan internet bekerja menurut protokol standar yang dinamakan TCP/IP. Jaringan tersebut dipakai untuk menghubungkan jaringan dan mengamati lalu lintas di dalam jaringan.

3. Topologi jaringan
Hubungan fisik komputer di dalam suatu jaringan digolongkan menjadi beberapa jenis. Pola hubungan tersebut dinamakan toplogi jaringan. Topologi jaringan terdiri dari topologi ring, bus, dan star.

4. Media transmisi
Media transmisi yang dipakai dalam jaringan komputer sebagai media penghubung ada dua jenis, yakni media transmisi dengan menggunakan kabel dan media transmisi tanpa kabel.

5. Jaringan berdasarkan area kerja
Berdasarkan area kerjanya, jaringan komputer digolongkan menjadi 3 macam, yaitu LAN, MAN, dan WAN. Singkatan LAN adalah Local Area Network, singkatan MAN adalah Metropolitan Area Network, dan singkatan WAN adalah Wide Area Network.

6. Program untuk mengakses internet
Komputer atau jaringan komputer yang telah dilengkapi dengan saluran telepon dan modem bisa dihubungkan dengan jaringan internet. Namun, kita masih butuh perangkat lunak untuk menggunakan berbagai layanan internet, yaitu browser. Browser adalah program yang digunakan untuk melakukan akses internet. Ada banyak browser yang bisa digunakan untuk mengakses internet, di antaranya Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer, dan sebagainya.

referensi: BSE Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP/MTs Untuk Kelas IX, Tuti Hartati dan Sussi

Lihat: Hasil Hitung Cepat Pemilu 2014

Advertisement

Artikel Terkait Internet ,Teknologi

Label : Internet / Teknologi Judul : Sistem untuk Mengakses Internet URL : http://www.limaratus.com/2013/06/sistem-untuk-mengakses-internet.html
Diposting oleh: Admin -