720x90

Peranan Jamur dalam Kehidupan

Advertisement

Jamur telah membusukkan bangkai hewan dan sampah hutan sehingga terjadi keseimbangan di dalam ekosistem. Namun, apa jadinya bila jamur menyerang buah-buahan dan berbagai alat rumah tangga?

Gambar: Jamur

Berikut ini adalah peranan jamur dalam kehidupan.

1. Jamur sebagai pengurai
Selain bakteri, jamur juga merupakan pengurai utama yang menjada ketersediaan zat hara yang sangat pening dalam pertumbuhan tumbuhan. Jamur pengurai mampu menguraikan bahan-bahan organik menjadi bahan anorganik (nitrogen, karbon). Hifanya masuk menembus jaringan sel organisme yang sudah mati. Tanpa adanya jamur pengurai, bahan-bahana norganik, semisal nitrogen, karbon, dan unsur-unsur lainnya tetap berkumpul dalam bahan organik, tak terurai. Saproba pengurai kayu mampu merusak benda-benda yang dibuat dari kayi, contohnya sampan. Sewaktu Perang Revolusi, Inggris lebih banyak kehilangan sampan karena jamur ketimbang yang rusak karena serangan musuh. Jamur juga menyerang ke buah-buahan yang telah matang yang mengakibatkan hasil panen buah-buahan mengalami penurunan.

2. Jamur konsumsi
Jamur ada yang bisa dikonsumsi, misalnya jamur kuping dan jamur merang. Jamur-jamur tersebut mengandung gizi tinggi. Hal ini karena jamur memiliki kandungan berbagai unsur mineral yang dibutuhkan oleh tubuh (seperti natrium, helium, magnesium, dan kalsium), dan bermacam vitamin. Dari segi ekonomi, jamur menguntungkan lantaran tinggi harganya dan waktu panen yang singkat (antara 1 sampai 3 bulan). Oleh sebab itu, banyak orang yang tertarik membudidayakan jamur. Beberapa jenis jamur juga berperan dalam proses fermentasi.

3. Jamur patogen
Tumbuhan sangat rentan terkena serangan penyakit yang diakibatkan oleh jamur. Contoh tanaman yang rentan terkena penyakit jamur antara lain seledri, tomat, dan kentang. Jamur yang menyerang tanaman penghasil makanan memiliki sifat toksik pada tubuh manusia. Misalnya, tempe bongkrek bisa mengakibatkan keracunan jika kurang bersih dalam pembuatannya. Hal ini lantaran tempe bongkrek terkena kontaminasi oleh jamur Pseudomonas cocovenenaus yang mengeluarkan racun.

Jamur juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada manusia, seperti panu, gatal-gatal pada kaki, ketombe di kepala, dan infeksi paru-paru.

referensi: BSE BIOLOGI 1 Kelas X SMA dan MA, Riana Yani, dkk.

Lihat: Hasil Hitung Cepat Pemilu 2014

Advertisement

Artikel Terkait Biologi

Label : Biologi Judul : Peranan Jamur dalam Kehidupan URL : http://www.limaratus.com/2013/06/peranan-jamur-dalam-kehidupan.html
Diposting oleh: Admin -