720x90

Pemanfaatan Virus dalam Kehidupan Manusia

Advertisement

Virus tak selamanya bersifat merugikan. Dengan adanya kemajuan teknologi, virus dapat dimanfaatkan dalam sejumlah bidang. Seperti diketahui, virus memiliki struktur yang sangat sederhana dan memiliki daya infeksi yang sangat tinggi. Sifat-sifat ini lalu dimanfaatkan di bidang teknologi, terutama rekayasa genetik.


Dalam rekayasa genetika, untuk menghasilkan makhluk hidup yang memiliki sifat-sifat menguntungkan bisa dilakukan dengan cara mentransfer gen pembawa sifat menguntungkan, lalu menghasilkan sifat-sifat bawaan gen tersebut. Untuk memasukkan atau membawa gen yang akan ditransfer dari organisme asal ke organisme baru, dibutuhkan suatu vektor (pembawa). Dalam hal ini virus merupakan vektor yang tepat.

Virus memiliki daya infeksi yang tinggi sehingga bisa digunakan sebagai vektor dari gen yang akan dimasukkan. Virus yang digunakan sebagai vektor contohnya virus Lamda.

Virus juga bisa digunakan sebagai agen penyebab mutasi. Mutasi (perubahan yang disebabkan oleh adanya perubahan pada susunan gen) seringkali sengaja dilakukan guna mendapatkan sifat-sifat tertentu yang diperlukan. Sejumlah bakteri seringkali diubah sifatnya secara sengaja dengan cara mutasi. Hal ini karena dengan cara tersebut bisa didapatkan sifat baru yang lebih menguntungkan. Virus juga bisa digunakan untuk melakukan proses mutasi pada bakteri, misalnya virus Mu (Mutator Fage).

referensi: BSE BIOLOGI 1 Kelas X SMA dan MA, Riana Yani, dkk.

Lihat: Hasil Hitung Cepat Pemilu 2014

Advertisement

Artikel Terkait Biologi

Label : Biologi Judul : Pemanfaatan Virus dalam Kehidupan Manusia URL : http://www.limaratus.com/2013/06/pemanfaatan-virus-dalam-kehidupan.html
Diposting oleh: Admin -