:)

Nama-nama Penyakit dan Virus Penyebabnya

Penyakit influenza, flu burung, herpes, dan AIDS merupakan sejumlah penyakit yang diakibatkan oleh virus. Berikut ini adalah beberapa nama-nama penyakit dan virus penyebabnya.

1. Rabies: Rhabdovirus
2. Smallpox: Virus Smallpox
3. Penyakit Gondong: Paramyxovirus
4. Demam berdarah ebola: Ebola Haemorragic Virus
5. SARS: Corona Paramyxovirus
6. Flu burung: Orthomyxovirus tipe A subtype H5N1
7. AIDS (Acquired Imunodeficiency Syndrome): HIV
8. Demam kuning: Tagovirus (Flavivirus)
9. Demam berdarah: Tagovirus (Flavivirus)
10. Enchepalis: Virus Semliki Forest
11. Poliomelitis: Virus Polio
12. Herpes: Herpes simplex tipe 1 dan 2
13. Hepatitis: Virus Hepatitis
14. Influenza: Orthomyxovirus tipe A, B, dan C
15. Pilek: Virus Coryza; Rhinovirus
16. Pneunomia Atypical: Paramyxovirus 1-3; Orthomyxovirus
17. Campak Jerman (Rubella): Virus Rubella
18. Campak: Paramyxovirus

Gambar: Virus influenza

Virus mampu menyerang bakteri, hewan, tubuhan, dan bahkan manusia. Berdasarkan inang yang diserangnya, virus digolongkan menjadi virus hewan, virus tumbuhan, dan virus bakteri. Virus hewan misalnya virus penyebab penyakit mulut dan kuku pada ternak, contohnya kambing, kerbau, dan sapi, dan virus penyebab kematian pada burung unta. Virus tumbuhan contohnya yaitu virus TMV, virus pada padi, dan virus pada tomat.

Virus bakteri juga disebut pula bakteriofage atau fage (kata "fage" berasal dari bahasa Yunani phage yang artinya makan). Contoh virus bakteri yaitu virus yang menyerang bakteri E. coli atau disebut fage coli.

Virus dapat menyebabkan penyakit dengan 2 cara. Cara pertama melalui kemampuannya dalam memproduksi racun dan cara yang kedua melalui kemampuannya dalam memecahkan sel yang menyebabkan sel pecah. Dalam siklus litik, apabila suatu virus mampu memperbanyak diri, maka sel inang akan dihancurkan, lalu virus-virus tersebut akan menginfeksi sel lain dan menyebabkan penyakit. Virus jenis lainnya dapat menyebabkan penyakit karena kemampuannya dalam memproduksi racun yang mampu menghambat metabolisme inangnya sehingga sel yang diinanginya tersebut menjadi sakit.

Salah satu virus yang sangat ditakuti karena dapat menimbulkan penyakit berbahaya adalah virus HIV (Human Imunodeficiency Virus). Virus ini dapat menyebabkan penyakit AIDS. Materi genetik pada virus ini adalah RNA yang dilengkapi dengan enzim transkriptase balik. RNA virus tersebut bisa dipakai sebagai cetakan untuk membentuk DNA dengan bantuan enzim transkriptase balik. Apabila sel terkena infeksi virus HIV, yakni sel limfosit manusia yang memiliki andungan DNA, RNA virus itu akan dipakai sebagai cetakan untuk membentuk DNA. DNA yang terbentuk tersebut dengan mudah mampu melekatkan diri pada DNA sel inang dan akan ikut serta dalam proses perbanyakan sel inang tersebut.

Pada waktu tertentu, DNA virus yang melekat pada inang menjadi tak aktif. Namun, dalam kondisi tertentu. DNA dari virus yang melekat pada sel limfosit tadi, lalu diterjemahkan menjadi RNA. Dari RNA, kemudian bisa dibuat protein-protein yang diperlukan guna memenuhi melengkapi pembentukan virus yang baru. Jadilah virus-virus baru dan sel inang, yakni sel limfosit, akan mengalami lisis. Bila sel limfosit yang berperan pada pertahanan tubuh jumlahnya menurun karena mengalami kerusakan oleh virus, maka mulai timbul gejala AIDS. Gejala awal AIDS berupa kelenjar getah bening mengalami pembesaran, lalu badan lemas, panas dingin seperti sakit flu, keluar keringat, dan berat badan mengalami penurunan. Dalam kondisi tersebut, daya tahan tubuh akan kian mengalami penurunan. Penderita mulai menjadi sangat sensitif, sekalipun terhadap infeksi yang sifatnya sangat ringan. Pada orang normal, penyakit flu termasuk penyakit ringan, namun pada orang yang menderita AIDS bisa menyebabkan akibat yang fatal.

referensi: BSE BIOLOGI 1 Kelas X SMA dan MA, Riana Yani, dkk.

Lihat: Hasil Hitung Cepat Pemilu 2014

Artikel Terkait Biologi

Label : Biologi Judul : Nama-nama Penyakit dan Virus Penyebabnya URL : http://www.limaratus.com/2013/06/nama-nama-penyakit-dan-virus-penyebabnya.html
Diposting oleh: Admin -