720x90

Cara Membuat Lontong | Resep Makanan

Advertisement

Lontong merupakan makanan yang dibuat dari beras dibungkus dengan daun pisang dan direbus dalam waktu beberapa jam. Lontong biasa disajikan dengan gulai kambing, opor ayam, sate, atau rujak. Pembuatan lontong lebih gampang ketimbang ketupat. Ketupat juga dibuat dari beras, hanya saja pembungkusnya bukan daun pisang, melainkan anyaman daun kelapa muda (janur). Ketupat ini mudah dijumpai saat hari raya Idul Fitri.

gambar lontong
Lontong (Credit: Midori)


Saat matang, lontong dapat berwarna hijau pada bagian luarnya karena direbus di dalam daun pisang. Lontong bisa dijumpai di berbagai daerah di Indonesia sebagai makanan pengganti nasi. Meskipun bahannya dari beras, lontong mempunyai aroma khas.

Cara Membuat Lontong
1. Cuci lalu tiriskan 3 ons beras kemudian rebus di dalam 400 ml air sampai air setengah matang dan air seluruhnya sudah terserap. Setelah itu, angkat dari api.

2. Potong daun pisang dengan ukuran 20x20 cm (sebelumnya dilayukan terlebih dulu agar tidak patah saat dilipat).

3. Taruh empat sendok makan nasi setengah matang pada bagian atas sepotong daun pisang lalu gulung rapat sampai membentuk tabung. Tusukkan potongan lidi, staples, atau tusuk gigi di kedua ujung gulungan.

4. Rebus lagi dalam waktu 90 menit sampai nasi matang. Tiriskan kemudian dinginkan di dalam lemari pendingin.

Jika daun pisang sulit didapatkan, maka bisa diganti dengan kantung plastik (diberi lubang dengan menggunakan jarum pada bagian sisinya) yang tahan panas.

Itulah cara membuat lontong, yang merupakan makanan yang nikmat jika dimakan bersama dengan opor ayam atau gulai kambing. Atau secara sederhana juga bisa dimakan langsung dengan lauk tahu atau tempe.

Sumber Pustaka

Lihat: Hasil Hitung Cepat Pemilu 2014

Advertisement

Artikel Terkait Kuliner ,Resep

Label : Kuliner / Resep Judul : Cara Membuat Lontong | Resep Makanan URL : http://www.limaratus.com/2013/06/cara-membuat-lontong-resep-makanan.html
Diposting oleh: Admin -